Beranda | Artikel
Hak-Hak Lisan - Bagian ke-2 - Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Yala Kurnaedi, Lc.)
Senin, 2 November 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Ringkasan Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: Hak-Hak Lisan (Bagian ke-2)

Di antara hak Lisan yang harus kita perhatikan adalah:

– Kita tidak menggunakan lisan kita untuk menyakiti orang lain. Karena hal tersebut bisa menjerumuskan kita ke dalam api nereka. Dan penyakit lisan ini bisa menimpa siapa saja, tak terkecuali kita sendiri. Maka dari itu hendaknya kita benar-benar berhati-hati dalam menjaga lisan ini.

– Kita harus menjaga lisan kita dari perbuatan ghibah. Ghibah ini merupakan dosa besar dan Allah Ta’ala melarang keras hal ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضاً أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتاً فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

“Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat [49]: 12)

Simak penjelasan rinci mengenai “Hak-Hak Lisan (Bagian ke-2)” ini, dengan mendownload kajian ini atau mendengarkannya langsung melalui player yang sudah kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Lisan (Bagian ke-2)”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16898-hak-hak-lisan-bagian-ke-2-tabshiratul-anam-bil-huquqi-fil-islam-ustadz-abu-yala-kurnaedi-lc/